Nama : Yovita Mau
Nim : 11110120
Model bisnis e-commerce dibagi atas :
1.
Direct to customer,
yaitu melakukan penjualan melalui hubungan yang
terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggannya;
Contoh :
Transaksi jual beli di SPBU yang terjadi antara perusahaan
minyak Pertamina dengan pelanggannya maupun perusahaan minyak Shell
dengan pelanggannya.
Ataupun contoh jasa ojek online yang menghubungkan antara penyedia jasa ojek, langsung kepada pelanggan tanpa perantara.
http://ojekbintaro.blogspot.com/
2.
Full-service Provider,
yaitu menyediakan berbagai fasilitas dan jasa
(sumber daya) yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan
operasi bisnisnya;
Contoh :
berikut ini merupakan situs penyedia jasa segala kebutuhan yang perusahaan perlukan.
http://jawapowerintinusa.indonetwork.co.id/profile/pt-jawapower-intinusa.htm ,
http://www.kasyasindo.co.id/ ,
http://www.connecti.biz/website/about.php?user=alindamay ,
http://www.tataidea.co.id/awal.php?cmp=comp dan
http://www.magnatrans.com/index-1.html
3.
Whole of Enterprise,
yaitu menawarkan fasilitas satu pintu (single point
of contact) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yang
melibatkan banyak pihak (perusahaan);
Contoh :
Jasa pembuatan website di www.jogjashop.com yang dapat digunakan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya
4.
Intermediaries,
yaitu menjadi perantara (broker) dari berbagai jenis
keperluan (berdasarkan data, informasi, segemen industri, komunitas,
dsb);
Contoh :
berikut ini adalah perantara yang melayani kebutuhan perusahaan
berupa data informasi, segmen industri, komunitas, dsb.
http://www.optimaconsultant.com/ selain itu, terdapat juga
http://www.portalhr.com/iklan/ sebagai penyedia jasa kebutuhan
perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.
5.
Shared Infrastructure,
yaitu menawarkan penyewaan terhadap berbagai
infrastruktur teknologi informasi, meliputi database, aplikasi,
perangkat keras, dan jaringan;
Contoh :
Website penyedia jasa sewa web hosting dan pembuatan website
dengan biaya murah. http://www.sewahost.com/ selain itu terdapat juga
http://netcomm.web.id/ yang menawarkan penyewaan projector untuk
keperluan meeting, conference, training, seminar, presentation.
Beberapa istilah yang berhubungan dengan CRM
1
. CRM yang berbasis web
adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk sepenuhnya mengintegrasikan toko
Web Anda dengan back office Anda sehingga
Bisnis Anda bekerja lebih efektif dan efisien.
2.
SRM (Supplier Relationship
Management)
adalah pendekatan komprehensif untuk
mengelola interaksi suatu
perusahaan dengan organisasi yang
menyediakan barang dan jasa yang
digunakannya. Ditinjau dari sisi bisnis, tujuan dari
SRM adalah untuk merampingkan dan lebih mengefektifkan
proses antara perusahaan
dan pemasoknya misalnya dalam hal pemilihan supplier.
Sedangkan ditinjau dari sisi sistem, SRM menghubungkan vendor ke master data SAP.
3 .
Enterprise CRM (E-CRM)
merupakan manajemen pelanggan untuk e-business yang harus berhadapan dengan
kompleksitas dari manajemen yang menarik bagi pelanggan dan partner bisnis dalam berbagai
macam media yang meliputi media online dan offline, personal contact dan media komunikasi
elektronik lainnya.
4 .
Mobile CRM (MCRM)
dalah jenis aplikasi manajemen hubungan pelanggan dirancang untuk dieksekusi, dioperasikan dan diakses melalui platform mobile.
Ponsel CRM memungkinkan organisasi untuk menambah, mengedit dan mengelola interaksi dan hubungan dengan pelanggan saat ini atau calon mereka melalui aplikasi mobile pada perangkat mobile genggam, PDA dan PC tablet.
Techopedia menjelaskan Ponsel Customer Relationship Management (CRM Handphone)
Ponsel CRM biasanya dirancang untuk pengguna seperti penjualan atau personel yang sering membutuhkan akses remote ke aplikasi CRM inti organisasi pemasaran. Ponsel CRM dapat menjadi perpanjangan dari CRM di rumah dikerahkan, diakses menggunakan aplikasi thin client melalui koneksi VPN yang aman, atau CRM awan diakses melalui browser Web mobile.
5. Partner Relationship Management PRM
adalah strategi bisnis untuk meningkatkan komunikasi antara perusahaan dan mitra saluran mereka. Aplikasi perangkat lunak PRM berbasis Web memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan dan merampingkan tugas-tugas administrasi dengan membuat jadwal pengiriman dan lainnya informasi real-time tersedia untuk semua mitra melalui Internet. Beberapa penyedia CRM telah memasukkan fitur PRM, seperti spreadsheet Web-enabled bersama melalui extranet, dalam aplikasi perangkat lunak mereka. PRM sering dibandingkan dengan manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan ada beberapa argumen mengenai apakah hubungan yang kompleks kemitraan saluran membuat perlu bagi PRM menjadi entitas yang terpisah, atau hanya komponen dari CRM
6. Collaborative CRM (cCRM) adalah aspek-aspek yang ditangani korporasi yang terkait dengan pelanggan pada
berbagai departemen seperti pada bagian penjualan, dukungan teknis, dan
pemasaran. Staf dari berbagai departemen pada korporasi yang sama dapat
saling bertukar dan berbagi informasi yang dikumpulkan ketika
berinteraksi dengan pelanggan. CRM jenis ini bertujuan untuk menggunakan
informasi yang dikumpulkan secara bersama di semua departemen untuk
peningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.
7.
More Hybrids to com xCRM
Enfo
dan Sofigate bertindak dalam kemitraan kerjasama dalam Layanan Hybrid konsep
manajemen TI. Model kerjasama memanfaatkan konsep Layanan Hybrid memperbesar
model hubungan pelanggan umum Enfo dengan membawa kemampuan manajemen TI
Sofigate untuk dimasukkan sebagai bagian dari paket layanan secara keseluruhan
pelanggan.
Layanan
Hybrid, yang disediakan bersama oleh Enfo dan Sofigate, meningkatkan kemampuan
untuk pembangunan berbasis usaha jasa. Dalam layanan ini, Sofigate bertanggung
jawab untuk memetakan kebutuhan bisnis pelanggan dan memanfaatkan Pelayanan
yang diberikan didasarkan pada harapan pelanggan. Manajemen TI terintegrasi
dengan layanan yang diberikan oleh Enfo, yang meningkatkan kelincahan dan
kecepatan untuk beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan bisnis dari
keputusan untuk implementasi.