Kamis, 21 Maret 2013

Tugas E-Comerce

 Nama :Yovita Mau
Kelas  : B
Nim    : 11110120

1.    Jelaskan Bagaimana Hubungan dari E-commerce dengan Supply Chain Management?

    E-Commerce adalah suatu transaksi jual,beli dan pertukaran informasi baik berupa produk maupun jasa melalui jasa internet dengan menggunakan suatu piranti komputer.
Hubungan  E-commerce dengan Supply chain managemen ialah untuk meningkatkan  rantai pasokan suatu perusahaan.

2.    Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan?

    E-commerce dapat mengurangi siklus waktu  karena E-commerce adalah suatu tekonlogi modern yang mana dalam jual-beli suatu produk tidak perlu harus repot-repot  ke toko yang mau kita datangi, kita cukup membuka Komputer dan dapat memesan barang yang kita inginkan dan tentu saja itu dapat mengurangi siklus waktu karena dengan E-commerce jarak sudah bukan lagi menjadi suatu halangan.
    Bagi karyawan, E-commerce sangat membantu dalam memperbaiki kualitas mereka. Sebelum adanya E-commerce, para pekerja harus berangkat ke kantor pagi sekali, dan pulang larut malam untuk menyelasikan tugasnya di kantor . Namun dengan adanya E-commerce pekerjaan kantoran dapat dilakukan di rumah atau selama perjalanan ke kantor. Mereka juga tidak perlu lembur, karena pekerjaan dapat dilanjutkan di rumah atau dimana saja mereka terhubung oleh internet.
    Bagi pelanggan, adanya E-commerce sangat mempermudah bagi para konsumen yang mempunyai kebutuhan yang banyak namun juga disisi lain mempunyai banyak kesibukan. Dengan E-commerce, dalam memenuhi kebutuhannya mereka tidak perlu repot-repot mendatangi langsung pasar atau toko atau supermarket yang menyediakan kebutuhannya. Cukup memesan di Internet.

3.    Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

Marketplaces
Adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, secara nyata. Nyata di sini maksudnya adalah tempat atau pasar itu benar-benar ada, dapat dilihat dan dirasakan keberadaannya secara fisik.
Kelebihan:
•    Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
•    Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi    internet dalam melakukan transaksi.
•    Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
•    Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kelemahan :
•    Memakan cukup banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
•    Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
Marketspace
Adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, melalui media elektronik. Media elektronik yang dipakai adalah komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Dengan demikian pasar dalam arti ini adalah pasar maya, yaitu pasar yang dirasakan ada keberadaannya tetapi tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Kelebihan
•    Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
•    Berazaskan kepercayaan yang tinggi.
•    Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
•    Banyak Informasi
Kelemahan :
•    Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan baik pembeli maupun penjual sangat tinggi dikarenakan Penjual dan Pembeli tidak bertemu secara langsung
•    Ancaman dari pihak-pihak luar sangat tinggi.
•    Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
•    Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung
4. Jelaskan lebih lengkap dengan kata-kata Anda sendiri tentang Karakteristik e-commerce:
•    B2B
•    B2C
•    C2C
1.    Karakteristik B2B
•    Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan  yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut.
•    Pertukaran data  berlangsung berulang-ulang dan secara berkala
•    Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2.    Karakteristi  B2C
•    Bersifat terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum. Dapat diakses oleh seluaruh pengguna internet.
•    Servis yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai.
•    Servis diberikan berdasarkan permohonan. Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
3.    Karakteristik C2C
•    Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
•    Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan pelayanannya.
•     Konsumen juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidak puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui komunitas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar